Luqman Agro

Kabupaten Sleman
Level : Addicted - Terakhir login 11 May



Begini Agar Kenari Mau Berkicau

Begini Agar Kenari Mau Berkicau

Luqman Agro 10 May 2017 20:55 Peternakan Dilihat : 47x

Burung kenari adalah salah satu jenis burung yang hampir semua orang mengetahuinya. Boleh dibilang burung kenari adalah burung yang hampir seluruh lapisan masyarakat memilikinya. Meskipun demikian, jika mampu menyilangkan sendiri, keuntungan dari beternak burung ini bakal didapatkan. Untuk masalah harga, burung kenari cenderung stabil dan memiliki variasi harga yang lumayan baik. Saat ini, harganya berkisar mulai lima puluhan ribu sampai jutaan rupiah.

Memelihara burung kenari sebenarnya tidaklah sulit. Asal kita mengetahui karakter serta pola kebiasaannya, burung mungil ini akan tumbuh menjadi burung yang berkualitas dan gemar berkicau. kebiasaan-kebiasaan tersebut adalah mulai kebiasaan mandi, kebiasaan makan, dan minum haruslah kita hafalkan.

Untuk hal makanan, sesuai namanya, burung ini tentu paling doyan menyikat biji-biji kenari. Di pasaran sudah banyak tersedia biji kenari kering dalam bentuk kemasan. Merk, harga dan kualitasnya pun bermacam-macam. Mulai dari yang murah hingga yang mahal. Tentu tinggal menyesuaikan kebutuhan saja.

selain makanan kesukaan, bisa juga diselingi dengan makanan yang bervariasi. Bahkan, burung Kenari akan jauh lebih sehat jika makanan yang dikonsumsinya lebih bervariasi. Variasi makanan yang diperlukan antara lain jenis asinan, sayur-sayuran serta buah-buahan.

Secara umum burung Kenari paling suka dengan daun sawi putih, selada dan apel. Sama seperti manusia, asupan dari buah dan sayur-sayuran akan sangat berguna untuk kebutuhan vitamin dan serat si burung. Karena jika kebutuhan akan serat ini kurang, burung ini juga dapat mengalami gangguan dalam pola kebiasaan membuang kotorannya. Jika kebutuhan serat tercukupi, tentu aktivitas buang kotoran juga menjadi lancar. Karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kesehatan, yang nantinya mengarah pada kemampuan berkicaunya.

Selain buah dan sayur, juga dapat ditambahkan telur puyuh matang setiap empat hari sekali. Penambahan telur puyuh memang tidak harus setiap hari dilakukan. Tujuannya adalah agar burung Kenari tetap terjaga karakter serta kebiasaannya terutama dalam hal pola makan. Protein yang terkandung dalam telur puyuh memang sangat tinggi kadarnya. Dengan demikian diharapkan mampu menaikkan kecerdasan serta daya tangkap si burung dalam merespon suara atau bunyi-bunyian dari sekeliling, terutama kicau dari burung-burung lain.

Untuk urusan makanan pokok dan asupan serat, usahakan untuk selalu tersedia dalam sangkar si burung. Jika habis, segera ganti atau beri dengan makanan baru. Jika tidak, akibatnya burung bisa stress dan berakibat ngambek atau mogok berkicau.

Hal lain yang penting adalah jatah air minum. Usahakan jangan sampai burung Kenari telat dalam pemberian air minumnya. Karena burung jenis ini memang tergolong sangat tinggi kebutuhan akan air. Jadi usahakan tiap pagi, beri air minum pada wadah burung. Lebih dianjurkan lagi untuk selalu mengganti air minum lama dengan yang baru. Serta pilihlah air yang bersih.

Dalam beberapa hal, beberapa hobiis burung juga sering memberi tambahan komposisi vitamin pada makanan burung Kenari. Vitamin cair dipercaya mampu sehingga diharapkan mampu meningkatkan daya kicau burung. Antara lain membuat burung cepat berkicau, membuat burung lebih rajin berkicau, serta bisa meningkatkan vitalitas burung terutama saat hendak diikutkan dalam lomba kontes burung.

Begitu halnya soal mandi. Ternyata burung Kenari memang paling suka berbasah-basah ria. Idealnya setiap pagi burung ini harus selalu mandi. Caranya cukup dengan disemprot air bersih. Saat debu-debu di sekujur tubuhnya sudah hilang, pasti ia akan merasa segar, dan urusan mengoceh alias berkicau tentu menjadi lancar.

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada tulisan ini merupakan tulisan dari user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola website Duniaagro tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan tulisan pada halaman ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Post ini

0 Komentar

Baca juga artikel lainnya